logo

SELAMAT DATANG

Website ini merupakan situs resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Sebagai Wujud Keterbukaan Informasi di Pengadilan
SELAMAT DATANG

8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI

Delapan Nilai Utama yang Harus di Internalisasi dan di Implementasikan Sehingga Menjadi Ruh Setiap Insan Peradilan
8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI

ZONA INTEGRITAS

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak konsisten membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM)
ZONA INTEGRITAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court Mahkamah Agung RI adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Berpekara secara Elektronik yang dilakukan dengan saluran elektronik : e-Filling (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), dan e-Summons (Pemanggilan Pihak secara Online)
e-Court Mahkamah Agung RI
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak || Mari berpartisipasi dalam e-survey PTA Pontianak, penilaian anda mejadi motivasi peningkatan kinerja kami

Written by Super User on . Hits: 326

Lebaran di Era Digital

Oleh : Amam Fakhrur

(Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak)

Menyampaikan ucapan selamat hari raya idul fitri dan permohonan maaf, bagi bangsa Indonesia tidak hanya sebagai sesuatu yang lumrah, tetapi sudah menjadi bagian dari budaya. Ucapan itu secara umum dikonstruksi dengan kata-kata, “Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin”.

Ucapan itu selain dikonstruksi dengan bahasa nasional, juga lazim diucapkan dengan ucapan yang disesuaikan dengan bahasa masing-masing daerah. Kalau orang jawa dengan mengucap, “Sugeng riyadin, ngaturaken sedoyo lepat”. Kalau orang sunda dengan berucap, “ wilujeng boboran siam sim abdi nyuhunkeun dihapunten lahir seinareng bhatin”. Demikian juga dengan daerah-daerah yang lain sering kali ucapannya disesuaikan dengan bahasa daerahnya, yang substansinya sama, ucapan selamat dan permohonan maaf.

Dikatakan sebagai budaya karena memang telah diajarkan sejak dahulu dan berlangsung secara turun temurun, dari generasi ke generasi. Entah kapan dimulainya, yang jelas ucapan itu diucapkan secara berkelanjutan pada moment idul fitri, yang dianggap sebagai hari kegembiraan atas kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadlan. Hanya perkembangan dan situasi yang membedakan cara penyampaian ucapan tersebut. Memang menjalin silaturrahmi dan memohon maaf adalah ajaran Islam, tetapi melekatkannya kepada moment Idul Fitri adalah budaya. Makanya kalau pembaca mengucap permohonan maaf di moment Idul Fitri di Saudi Arabia, maka mereka akan terheran-heran, dan akan menanyakan memangnya anda telah berbuat apa kepada saya, kok minta maaf.

Di tahun 70an, saat saya masih usia anak-anak, di kampung saya, ucapan selamat dan permohonan maaf itu disampaikan secara langsung dengan mengunjungi saudara, kerabat sanak famili, para guru, kawan dan para sesepuh. Kerabat yang beradius jauh pun tak segan mendatanginya, meski harus berjalan kaki berkilo-kilo meter. Ada rasa di hati yang kurang pas bila “ritual” lebaran itu tidak dilaksanakan. Waktupun seolah terbatasi sampai seminggu setelah lebaran, bila telah lewat seminggu baru memberi ucapan selamat dan permohonan maaf, akan terasa ganjil dan tak wajar.

Adapun lebaran di pertengahan tahun 80an, ucapan lebaran tidak hanya dengan mengunjungi langsung. Tetapi ucapan lebaran dapat dilakukan dengan mengirimkan kartu, waktu itu disebut dengan kartu lebaran. Di dalam kartu tersebut telah tercetak ucapan selamat dan permohonan maaf. Tentu saja oleh pengirim kartu, dapat ditambahai kata-kata atau gambar sesuai selera. Media kartu lebaran ini dapat dipesan di percetakan atau dibeli di toko dan pengirimannya melalui Kantor Pos. Karena melalui pemesanan di percetakan atau membeli di toko, ucapan menggunakan media ini berbiaya cukup lumayan, seberapa biayanya, ya tergantung kualitas kartunya, selain harus membeli prangko. Kapan sampainya kartu lebaran di tempat yang dituju, tergantung nilai prangkonya, semakain tinggi nilai prangko, akan semakin cepat sampai.

Berbeda lagi dengan hari raya idul fitri akhir-akhir ini. Di hari raya 1441 H ini, tentu kita mengalami berapa sehari jelang idul fitri, kita sudah kebanjiran ucapan lebaran yang masuk ke ponsel smartphone yang kita miliki. Lantas pas di hari H Idul Fitri intensitasnya semakin meninggi, datang secara maraton dan bertubi-tubi. Tentu dapat dirasakan betapa efektifnya penyampaian ucapan melalui media ini. Sesuai karakter era digital, era dengan menggunakan jaringan internet, tentu penyampaian ucapan ini datang begitu super cepat, akan sampai sesaat setelah dikirim. Cukup dengan copy paste atau forward ucapan, kirim ke kontak yang dituju. Penyampaian ucapan ini dapat juga dikirm via group, sekali kirim ke group dapat terbaca oleh semua anggota.

Teks ucapan selamat dan permohonan maafpun dapat dipercantik dengan konten-konten Tulisan pun cukup bervariasi model dan bentuknya, tergantung selera. Sejumlah aplikasi telah memanjakan pengguna. Seringkali konten itu berupa foto si pengirim beserta keluarga dan dekorasi ketupat yang berfilosofi mengaku lepat (mengaku bersalah).

Pesan yang datang secara digital tersebut tak lepas dari perkembangan teknologi komunikasi berupa smartphone yang menyebar secara merata di tengah-tengah masyarakat. Perkembangan ini secara nyata telah berpengaruh dan mengubah pola berkomunikasi, termasuk dalam penyampaian ucapan selamat dan permohonan maaf di Idul Fitri.

Tak hanya itu, berlebaran dengan berkunjung secara langsung, dapat tergantikan dengan berlebaran secara virtual. Dengan aplikasi WhatsApp saja, seseorag dapat bertatap muka secara maya dengan jumlah sampai empat orang. Di hari kemaren saya yang “tertahan” di Pontianak, tiba-tiba dapat panggilan video call, di layar smartphone saya sudah terpampang gambar ibu saya yang tinggal di Lamongan dan keluarga saya yang tinggal di Sidoarjo. Belum lagi kalau menggunakan aplikasi lebih canggih, kita dapat berlebaran secara virtual dengan berbagai kalangan dalam jumlah lebih banyak. Terlepas dari soal hambar atau tidak, media lebaran tersebut dapat sebagai obat di musim berjangkitnya wabah, dimana seseorang seharusnya stay at home.

Meski silaturrahmi, ucapan selamat dan permohonan maaf di moment idul fitri yang merupakan bagian dari lebaran adalah budaya, saya kira semua itu tidaklah berdiri sendiri. Budaya itu berkelit kelindan sehubungan dengan usainya umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadlan. Dengan puasa ramadlan, dimana umat Islam menahan makan dan minum sejak terbit fajar sampai tenggelam matahari, di saat idul fitri diharapkan dapat membentuk manusia yang meningkat ketaqwaannya. Makanya idul fitri ada di bulan syawal (bulan peningkatan).

Media apapun yang digunakan, termasuk media yang berbasis digital, dalam pemberian ucapan selamat dan permohonan maaf di saat lebaran posisinya adalah hanya aksesoris, hiasan tambahan yang penuh kebaikan. Substansi beridul fitri yang sesungguhnya adalah bagaimana tujuan puasa Ramadlan dapat terwujud, yaitu menjadi manusia yang berderajat muttaqin. Wallahu a’lam.

© 2019 Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

  w3c html 5 iconfinder 2018 social media popular app logo facebook 3225194  iconfinder 2018 social media popular app logo twitter 3225183  iconfinder 2018 social media popular app logo instagram 32251911  iconfinder 2018 social media popular app logo youtube 32251802