logo

SELAMAT DATANG

Website ini merupakan situs resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Sebagai Wujud Keterbukaan Informasi di Pengadilan
SELAMAT DATANG

Pengumuman Lelang BMN

Pengumuman Lelang BMN

ZONA INTEGRITAS

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak konsisten membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM)
ZONA INTEGRITAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court Mahkamah Agung RI adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Berpekara secara Elektronik yang dilakukan dengan saluran elektronik : e-Filling (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), dan e-Summons (Pemanggilan Pihak secara Online)
e-Court Mahkamah Agung RI
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

Written by Super User on . Hits: 415

BADAN PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI MELAKSANAKAN PENGAWASAN REGULER

PADA PENGADILAN TINGGI AGAMA PONTIANAK

 

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi, S.H., M.H. pada hari Selasa (16/07/2019) pagi menerima kedatangan Tim Pemeriksa Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI di ruang kerjanya. Berdasarkan Surat Tugas Kepala  Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Nomor 517/BP/ST/VII/2019 tanggal 12 Juli 2019 Tim Pemeriksa terdiri dari H. Djumain, S.H., M.Hum. Hakim Tinggi Pengawas sebagai Ketua, Drs.H. Muhammad, S.H., M.H. Hakim Tinggi Pengawas sebagai Anggota, Iva Fairouz Afrinadya, S.H., M.H. Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian sebagai Sekretaris, Marwendi Putra, S.T., M.M. sebagai Auditor, dan Ridwan A.R., S.Kom. sebagai Staf Pemeriksa, jangka waktu pelaksanakan tugas tanggal 15 s.d. 19 Juli 2019.

 

Maksud dan tujuan Tim Pemeriksa adalah Pertama untuk melakukan pemeriksaan rutin/reguler pada Pengadilan Tinggi Agama Pontianak. Kedua Melakukan pemeriksaan reguler sesuai dengan ketentuan Buku IV, terkait dengan keterbukaan informasi dan penanganan pengaduan serta temuan lainnya dari pengawas eksternal serta Meja Informasi dan Pengaduan, Perma Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tatalaksana Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan, dan Perma Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Biaya Proses. Ketiga menindaklanjuti hasil pemeriksaan/temuan BPK, BPKP dan SIMAK BMN serta memantau pelaksanaan Perma Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whisttle Blowing System) di Makmakah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya. Keempat melakukan monitoring terkait dengan kedisiplinan Aparatur, kebersihan lingkungan kantor dan pelayanan publik serta temuan lain dari pengawas eksternal.

Pemeriksaan dilaksanakan oleh Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI mencakup 5 (lima) Area Kinerja sebagai objek pemeriksaan (obrik), sebagai berikut:

  1. Manajemen Peradilan dan Kinerja Pelayanan Publik
  2. Administrasi Perkara
  3. Administrasi Persidangan
  4. Administrasi Umum (Persuratan, Kepegawaian, Perpustakaan)
  5. Pemeriksaan Keuangan, PBJ & BMN (Barang Milik Negara)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah beberapa hari melaksanakan pemeriksaan terhadap obrik, setelah selesai selanjutnya Tim Bawas meyampaikan exspose Temuan Pemeriksaan Reguler Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada Kamis (18/07/2019) siang bertempat di Aula kantor Pengadilan Tinggi Agama Pontianak jalan Jend. A. Yani Nomor 252 Pontianak yang dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional dan Staf Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam sambutan ekspose Temuan Pemeriksaan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.H.I menyatakan bahwa kedatangan Tim Bawas ini membina kita menjadi lebih baik dan pekerjaan yang sehari-hari kita lakukan yang biasa-biasa saja mungkin ada yang harus kita perbaiki serta hasil dari pemeriksaan dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI kita tindak lanjuti.

Ketua Tim Bawas H. Djumain, S.H., M.Hum. menyampaikan exspose tentang administrasi perkara, dalam exspose tersebut Beliau menyampaikan pesan dari Kepala BAWAS bahwa Hakim dan Pegawai agar disiplin dan dalam melaksanakan pengawasan ke daerah agar bersungguh-sungguh karena kedepannya pengawasan pada Pengadilan Tingkat Pertama pengawasan sepenuhnya dilakukan oleh Tingkat Banding. Penyampaian exspose dibidang Manajemen Peradilan dan kinerja pelayanan publik oleh Drs.H. Muhammad, S.H., M.H. dilanjutkan exspose dibidang Administrasi umum (persuratan, kepegawaian, perpustakaan) oleh Iva Fairouz Afrinadya, S.H., M.H. selanjutnya exspose pemeriksaan Keuangan, PBJ & BMN (Barang Milik Negara) oleh Marwendi Putra, S.T., M.M.

 

Selanjutnya Pengadilan Tinggi Agama Pontianak akan menindaklanjuti hasil pengawasan dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemukan oleh Tim Pengawas tersebut serta akan melaporkan hasil tindak lanjutnya kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dalam kurun waktu yang telah ditentukan (eet)

Add comment


Security code
Refresh

rss

Backup of DIRPUT

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

Jln. Jenderal Ahmad Yani Nomor 252

Telp : 0561-736157
Fax : 0561-712173

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

© 2019 Pengadilan Tinggi Agama Pontianak