logo

SELAMAT DATANG

Website ini merupakan situs resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Sebagai Wujud Keterbukaan Informasi di Pengadilan
SELAMAT DATANG

Pengumuman Lelang BMN

Pengumuman Lelang BMN

ZONA INTEGRITAS

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak konsisten membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM)
ZONA INTEGRITAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court Mahkamah Agung RI adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Berpekara secara Elektronik yang dilakukan dengan saluran elektronik : e-Filling (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), dan e-Summons (Pemanggilan Pihak secara Online)
e-Court Mahkamah Agung RI
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

Written by Super User on . Hits: 81

BADILAG MELAKUKAN LOMPATAN LUAR BIASA DENGAN GO INTERNASIONAL

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id

Selasa, (26/11/2019) Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., melakukan lompatan luar biasa dengan go internasional dengan melaksanakan teleconference melalui command center bersama PTA Pontianak, PTA Jayapura dan Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh serta Cate Sumner dan Leisha Lister selaku perwakilan dari Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ). Percakapan dilakukan juga dengan Daniel Nicholas di Family Court of Australia, Sidney. Kegiatan tersebut adalah untuk pertama kali dalam sejarah dunia Peradilan di Indonesia melakukan teleconference dengan dunia Internasional.

Sebagai perwakilan AIPJ, Cate Sumner menyapa langsung ketiga Pengadilan yang hadir di kegiatan teleconference tersebut, dengan bahasa Indonesia yang sudah dipelajarinya. Ia terpukau ketika Aco Nur mengatakan Pontianak sebagai salah satu wilayah yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa, dan ia berjanji suatu hari akan mengunjungi Kota Pontianak. 

Command center adalah satu dari 9 aplikasi unggulan yang merupakan ivonasi dari Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang salah satu fungsinya adalah ruang maya untuk berinteraksi dan berkoordinasi langsung dengan Satuan Kerja Pengadilan Agama di seluruh Indonesia yang digunakan juga untuk audit kinerja dan pengawasan kedisiplinan secara langsung ke Satuan Kerja di daerah.

Kegiatan teleconference tersebut juga diikuti oleh H. Wahyu Widiana, Dirjen Badilag periode 2005 – 2012 yang merupakan salah satu tokoh modernisasi peradilan agama yang aktif di AIPJ, Wahyu Widiana menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Ditjen Badilag terutama dalam modernisasi peradilan agama pada saat ini dan dukungannya kepada Ditjen Badilag dalam hal kerjasama dengan beberapa negara termasuk dengan Australia.

Ketua Pengadilan tinggi Agama Pontianak Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H. dalam teleconference menyampaikan laporan kepada Dirjen Badilag bahwa PTA Pontianak untuk e-ligitasi sudah disosialisasikan pada awal bulan Nopember dan sudah disikapi secara baik oleh Pengadilan Agama dan untuk 9 aplikasi sudah siap untuk dioperasionalkan atau diimplementasikan dan akan terus disosialisasikan secara continue dalam kegiatan Pembinaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 6 Desember 2019. Lebih lanjut Firdaus Muhammad Arwan menegaskan bahwa wilayah Pengadilan Tinggi Agama Pontianak siap menyukseskan program Mahkamah Agung dan Badilag.

Lalu Aco Nur menegaskan kepada satker yang mengikuti kegiatan tersebut untuk segera melaksanakan e-litigasi bagi semua peradilan agama di seluruh Indonesia khususnya bagi ketiga PTA yang saat ini hadir dihadapannya, sehingga pada saat laporan akhir tahun peradilan agama mencapai 100 % dalam pengaplikasian e-litigasi. Selanjutnya beliau berkata bahwa ia bangga dengan membangun IT kita bisa melakukan konferensi jarak jauh dengan satuan kerja bahkan negara lain.

Kemudian terkait pelaksanaan survaillance APM, Aco Nur meminta survaillance APM dilakukan secara efektif dan objektif dalam penilaian.

Sebelum mengakhiri teleconference Aco Nur berpesan kepada ketiga Pengadilan Tinggi tersebut untuk menerapkan e-ligitasi segera mungkin, Kinerja ditingkatkan, PTSP diperbaiki, dan APM dijalankan dengan baik sehingga setiap peradilan agama menjadi peradilan percontohan. (eet/dwi)

rss

Backup of DIRPUT

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

Jln. Jenderal Ahmad Yani Nomor 252

Telp : 0561-736157
Fax : 0561-712173

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

© 2019 Pengadilan Tinggi Agama Pontianak