Abang Muhammad Hasbi, SH mengikuti E-test Calon Panitera PTA

Abang Muhammad Hasbi, SH mengikuti E-test Calon Panitera PTA

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Abang Muhammad Hasbi, SH, Panitera Pengadilan Agama Pontianak Kelas IA...

Ketua PTA Pontianak Kembali Mengingatkan Pentingnya Pengawasan

Ketua PTA Pontianak Kembali Mengingatkan Pentingnya Pengawasan

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Pontianak kembali mengingatkan kepada...

Tim Penilai Kebersihan dan Kerapian Ruangan Melakukan Inspeksi

Tim Penilai Kebersihan dan Kerapian Ruangan Melakukan Inspeksi

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Pada selasa (14/11) sekitar pukul 10.00 WIBA, Tim penilai lomba kebersihan...

Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ketua PTA Pontianak Membacakan Amanat Mensos

Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ketua PTA Pontianak Membacakan Amanat Mensos

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Drs. H. Maslihan Saifurrozi,...

3 Hal Krusial Disampaikan Ketua PTA Pontianak Dihadapan Komisi III DPR RI

3 Hal Krusial Disampaikan Ketua PTA Pontianak Dihadapan Komisi III DPR RI

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Propinsi Kalimantan Barat....

  • Abang Muhammad Hasbi, SH mengikuti E-test Calon Panitera PTA

    Abang Muhammad Hasbi, SH mengikuti E-test Calon Panitera PTA

  • Ketua PTA Pontianak Kembali Mengingatkan Pentingnya Pengawasan

    Ketua PTA Pontianak Kembali Mengingatkan Pentingnya Pengawasan

  • Tim Penilai Kebersihan dan Kerapian Ruangan Melakukan Inspeksi

    Tim Penilai Kebersihan dan Kerapian Ruangan Melakukan Inspeksi

  • Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ketua PTA Pontianak Membacakan Amanat Mensos

    Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Ketua PTA Pontianak Membacakan Amanat Mensos

  • 3 Hal Krusial Disampaikan Ketua PTA Pontianak Dihadapan Komisi III DPR RI

    3 Hal Krusial Disampaikan Ketua PTA Pontianak Dihadapan Komisi III DPR RI

Fokus Peradilan

MEKANISME PENGAJUAN KEBERATAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI

A. Syarat dan Prosedur Pengajuan

     1. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
     2. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut :

  • Adanya penolakan atas permohonan informasi;
  • Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala sebagaimana dimaksud dalam bagian II. A;
  • Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
  • Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  • Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
  • Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  • Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.

B. Registrasi

     1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Format Formulir Keberatan).
     2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
     3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan  dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

C. Tanggapan Atas Keberatan

    1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
    2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :

  • Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
  • Nomor surat tanggapan atas keberatan;
  • Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :

        (i) Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas;
        (ii) Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
        (iii) Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat (empat belas) hari kerja;
        (iv) Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI).

     3. Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
     4. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.