logo

8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI

Delapan Nilai Utama yang Harus di Internalisasi dan di Implementasikan Sehingga Menjadi Ruh Setiap Insan Peradilan
8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI

ZONA INTEGRITAS

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak konsisten membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM)
ZONA INTEGRITAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court Mahkamah Agung RI

e-Court Mahkamah Agung RI adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Berpekara secara Elektronik yang dilakukan dengan saluran elektronik : e-Filling (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), dan e-Summons (Pemanggilan Pihak secara Online)
e-Court Mahkamah Agung RI
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak | Zona Integritas

KETUA PTA. PONTIANAK MEMBUKA SECARA RESMI KEGIATAN RAKOR DAN BIMTEK

Written by Super User.

Written by Super User.

KETUA PTA  PONTIANAK MEMBUKA SECARA RESMI

KEGIATAN RAKOR DAN BIMTEK

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id.

Ketua PTA Pontianak Dr. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H., membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) PTA Pontianak dengan Pengadilan Agama Se-Kalimantan Barat dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Yustisial Hakim, Kepaniteraan dan Sekretaris bertempat di ruang Aula PTA Pontianak pada hari Selasa (16/11/2021) siang. Pelaksanaan acara mulai dari tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Nopember 2021.

 

Kegiatan Rakoor dan Bimtek ini mengusung tema yaitu “Peningkatan Kinerja Pengadilan Agama Se-Kalimantan Barat Menuju Peradilan Modern”

Pembukaan Rakor dan Bimtek dimulai pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Abdul Ghoni, S.Ag., S.H.I. dan dilanjutkan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne MA RI dengan dirigen Shanty Hermawati, S.T.

Selanjutnya laporan panitia pelaksana Rakor dan Bimtek oleh Ketua Panitia Drs. H. Ali Imron, S.H. yang juga Hakim Tinggi PTA Pontianak melaporkan bahwa Peserta Rakor  adalah Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretais Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat, berjumlah 44 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Pimpinan Hakim Tinggi dan Pejabat Kepaniteraan dan Pejabat Kesekretariatan.

-     Peserta Bimtek terdiri dari:

  1. Bimbingan Teknis Yustisial terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat berjumlah 53 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Hakim Tinggi PTA Pontianak.
  2. Bimbingan Teknis Kepaniteraan pesertanya adalah Panitera PA se-Kalimantan Barat berjumlah 11 peserta dan PTA Pontianak terdiri dari Pejabat Kepaniteraan.
  3. Bimbingan Teknis Kesekretariatan secara ofline dan online terdiri dari Sekretaris PA se-Kalimantan Barat berjumlah 11 peserta secara offline, Kasubbag Umum dan Keuangaan, Bendahara dan Pengelola DIPA secara   online dan PTA Pontianak terdiri dari Pejabat Kesekretariatan, Bendahara dan Pengelola DIPA.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah :

  1. Menyamakan presepsi di bidang teknis Yustisial, Administrasi Yustisial dan Administrasi Non Yustisial.
  2. Menyusun kebijakan strategis perencanaan dan program kerja tahun 2022.
  3. Meningkatkan implementasi SIPP dan e-Court dalam mewujudkan peradilan yang modern.
  4. Meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan dan pengguna pengadilan.

         M materi yang akan disajikan dalam rakoor adalah sebagai berikut :

  1. Evaluasi kinerja satker dari hasil pengawasan Hatibinwasda oleh Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.S.I.
  2. Kebijakan PTA Pontianak oleh Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, SH. MH.
  3. Pemecahan Permasalahan (Daftar Invetarisisasi Masalah) oleh Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.S.I., Rusli, S.H., M.H. dan H. Nursani, S.H.

          Sedangkan materi bimtek ini adalah sebagai berikut :

  1. Hukum Acara Perdata tentang Tata Cara Pemeriksaan Perkara Perdata sampai putusan oleh Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H.
  2. Proses Pengiriman Berkas Perkara Banding, Kasasi, dan Peninjauan Kembali dan Permasalahan Administrasi Kepaniteraan dengan narasumber Hakim Tinggi dan Panitera PTA Pontianak.
  3. Bedah berkas perkara (Hakim dan Panitera) oleh Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H. dan Dr. H. Yusuf Buchori, S.H., M.S.I.
  4. Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangaan (PIPK) oleh Pejabat Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Pada arahannya Dr. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H., menyampaikan bahwa setiap pulang dari PTA Pontianak harus ada yang dibawa yaitu ilmu. Bekerja harus profesional, syarat profesional harus mempuyai knowledge cukup dan skilnya haris ada. Beliau berharap mengunakan waktu secermat mungkin dengan memanfaatkan Rakor dan Bimtek sebaik mungkin dan jaga protokol kesehatan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja untuk mensukseskan kegiatan ini.

Setelah acara Rakor dan Bimtek secara resmi dibuka secara resmi dilanjutkan pengalungan tanda peserta Rakor dan Bimtek secara simbolis oleh Ketua PTA Pontianak Dr. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.H., M.H.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh WKPA Mempawah H. Ahmad Fernandesz, S.Ag., M.Sy. Pembawa acara/MC pada pembukaan Rakor dan Bimtek adalah Nur Aida Masri, S.H. Pelaksanaan kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. (et).

Add comment


Security code
Refresh

© 2019 Pengadilan Tinggi Agama Pontianak

  w3c html 5 iconfinder 2018 social media popular app logo facebook 3225194  iconfinder 2018 social media popular app logo twitter 3225183  iconfinder 2018 social media popular app logo instagram 32251911  iconfinder 2018 social media popular app logo youtube 32251802