Selangkah Menuju WBK, Tim Verifikasi Lapangan Zona Integritas Sambangi PA Mempawah

MEMPAWAH || www.pa-mempawah.go.id

(11/10/2023) MEMPAWAH – Setelah melewati peroses yang panjang, Pengadilan Agama Mempawah (PA Mempawah) akhirnya menjalani proses verifikasi lapangan yang dilakukan langsung oleh Tim Pengawas Internal yang dalam hal ini dijalankan oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Verifikasi lapangan ini merupakan rangkaian dari pengusulan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Adapun kegiatan Verifikasi Lapangan dilakukan oleh dua auditor yang berasal dari Badan Pengawas Mahkamah Agung yakni Imam Purnomo dan Jhon Rico yang dalam hal ini berperan sebagai Verifikator.

Dalam verifikasi lapangan ini kegiatan dibagi menjadi dua yakni verifikasi pelayanan yang dipimpin langsung oleh John Richo dan wawancara pimpinan PA Mempawah oleh Imam Purnomo.

Saat verifikasi lapangan di PA Mempawah John Rico tidak menyianyiakan kesempatan tersebut untuk mengulik seluruh seluk-beluk fasilitas yang tersedia di PA Mempawah. Kegiatan diawali dengan berkeliling kantor PA Mempawah untuk memantau kelengkapan dan fungsi dari masing-masing fasilitas yang berguna untuk menunjang kinerja pegawai dan menunjang kegiatan pelayanan kepada masyarakat.

Tidak berhenti sampai disitu, Jhon juga berdialog dengan para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PA Mempawah. Satu per satu petugas berdialog dengan Jhon Rico mulai dari petugas Bank BSI, Petugas PT. Pos, petugas PTSP bagian Informasi & Pengaduan, Pendaftaran, Pembayaran, Produk, dan e-Court. Adapun pembicaraan itu sekitar kegiatan proses pelayanan.

Saat berkunjung ke Meja Pelayanan Pembayaran, Jhon meminta agar kasir dapat menjelaskan bagaimana proses pembayaran setelah ada layanan BSI.

Sedangkan, bertempat di ruang Media Center PA Mempawah, Imam Purnomo bersama dengan Doni Burhan Efendi Ketua PA Mempawah, Ahmad Imron, Wakil Ketua PA Mempawah, Hesti Yanuarti Kasubag PTIP PA Mempawah dan Nuri Khatulistiorini, S.H. menjalani wawancara untuk pendalaman mengenai proses pembangunan Zona Integritas PA Mempawah yang dilakukan oleh verifikator.

Beberapa aspek penting dalam perwujudan Wilayah Bebas dari Korupsi menjadi tema pembicaraan seperti inovasi yang diciptakan dan digunakan oleh PA Mempawah, Pelaksanaan Survey kepuasan dan survey anti korupsi di PA Mempawah serta yang tak kalah penting adalah verifikator meminta agar pimpinan dapat menjelaskan mengenai keberlanjutan dari Pembangunan Zona Integritas di PA Mempawah.

Dalam kesempatan ini Doni Burhan Efendi menjelaskan bahwa “ZI Merupakan pekerjaan harian yang harusnya sudah dilaksanakan dan bukan beban baru. Dengan adanya ZI maka pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan sistematis. Untuk mewujudkan itu maka dilakukan internalisasi secara rutin”.

Diakhir percakapan, Imam Purnomo mengimbau agar PA Mempawah apabila bisa lolos Wilayah Bebas dari Korupsi maka harus lebih matang dan maksimal dalam mempersiapkan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Semoga verifikasi lapangan ini berbuah manis bagi Pengadilan Agama Mempawah agar berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. (TimRed_PAMpw)

 

×
Skip to content