PTA Pontianak Gelar Diskusi Hukum Dengan Narasumber Hakim Agung Kamar Agama MA-RI

Pontianak (30/11/2023) – Di penghujung Bulan November 2023, PTA Pontianak mengundang seluruh hakim Pengadilan Agama se-Kalbar untuk berkumpul bersama di Hotel Kapuas Palace Pontianak, untuk menggelar Diskusi Hukum sekaligus menjadi ajang silaturahmi seluruh Hakim Pengadilan Agama se-Kalbar. Tak hanya itu, Diskusi Hukum ini juga diselenggarakan secara daring dan diikuti oleh PTA Yogyakarta, PTA Manado, PTA Palu, dan banyak peserta lainnya.

Acara diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ketua Pengadilan Agama Sungai Raya Kelas II, serta laporan dari Ketua Panitia yang juga Hakim Tinggi PTA Pontianak, Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. Tak lupa, Ketua PTA Pontianak, Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., membuka acara sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Hakim Agung Kamar Agama MA-RI, Yang Mulia Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H.

Mengangkat tema “Optimalisasi Peran Fiqh Waris Islam di Dalam Hukum Nasional: Studi Komperehensif Atas Kedudukan Wasiat Wajibah dan Ahli Waris Pengganti Dalam Masyarakat Pluralistik-Modern”, YM Edi Riadi mengajak peserta berinteraktif dan berdiskusi tentang perkembangan kasus-kasus di Peradilan Agama, tidak hanya tentang Fiqh Waris Islam sesuai tema yang dibahas, namun juga membahas kasus-kasus lainnya seperti poligami, nafkah Iddah, dan Mut’ah, serta banyak hal lainnya yang ditanyakan juga oleh hakim dari 11 Pengadilan Agama se-Kalbar.

Tak terasa, Diskusi yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini berjalan sangat singkat bagi para peserta karena berbagai topik yang diangkat sangat seru. Sekitar pukul 15.00 WIB, panitia mengajak seluruh peserta dari seluruh Pengadilan Agama untuk berfoto bersama Hakim Agung.

“Semakin banyak Hakim menggali fakta, putusan akan semakin memenuhi rasa keadilan” – Edi Riadi.

 (TimRed PTA PTK)

×
Skip to content