PA Mempawah Ikuti Review Efisiensi pada Kegiatan Spending Review K/L Mitra KPPN Pontianak

PONTIANAK – Selasa (19/03/2024) Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Reviu Efisiensi pada Spending Review Satker K/L Mitra KPPN Tipe A1 Pontianak secara fisik/luring di Aula Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Bimanyu Eka Yudha, S.E. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan penyusunan pagu indikatif TA 2025 program anggarannya tepat sasaran dan tepat kondisi.

Hal ini juga yang disampaikan oleh salah satu tim penelaah dari Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat, bahwa ada 2 tujuan dari spending review ini yakni secara internal hasil ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan DJA dalam penyusunan kebutuhan tinjau ulang angka dasar yang menekankan pada optimalisasi capaian kegiatan (output). Sedangkan secara eksternal, hasil ini akan mendorong peningkatan kualitas belanja K/L dan Satker itu sendiri.

Yang menjadi fokus pada spanding review efisiensi 2024 ini yaitu pada Review Alokasi dan Einmalig. Review Alokasi meliputi :

  1. Reviu honor jafung pengelola keuangan
  2. Reviu struktur pendukung RO;
  3. Reviu kesalahan penggunaan akun;
  4. Reviu belanja berpotensi tidak jelas/direncanakan;
  5. Reviu belanja lainnya yang dapat dihemat.

Sedangkan Einmalig merupakan Belanja yang tidak perlu muncul di RKAK/L 2025  adalah penyusunan masterplan, renstra; pembuatan sistem aplikasI; pembangunan gedung kantor yang bukan multiyears; survei lima tahunan BPS; pindah gedung; pembuatan pagar; penyusunan Detail Enginering Design (DED); dsb.

Pengadilan Agama Mempawah diwakili oleh Hesti Yanuarti, S.T (Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan) dan Muliyani, S.E (Pengelola Keuangan). Ada beberapa catatan yang menjadi review dan bahan penyusunan anggaran bagi PA Mempawah untuk tahun berikutnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini PA Mempawah dapat menyusun anggaran dengan lebih berkualitas lagi. (TimRed_PAMpw)

×
Skip to content