Rapat Koordinasi Serta Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) Kepaniteraan dan Kesekretariatan PTA Pontianak Dengan Pengadilan Agama se-Kalbar Tahun 2024

(29/04/2024) – Menjelang akhir bulan April 2024, PTA Pontianak selenggarakan Rapat Koordinasi Serta Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) Kepaniteraan dan Kesekretariatan PTA Pontianak Dengan Pengadilan Agama se-Kalbar Tahun 2024 di ruang Command Center.

Rakor ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 29-30 April 2024 dan diikuti oleh Ketua, Panitera serta Sekretaris seluruh Pengadilan Agama se-Kalbar. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini mengangkat tema “Meningkatkan SDM Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang Profesional, Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi.” Pada acara pembukaan, Zulkifli, S.E.I., M.H. (Ketua PA Putusibau) memimpin pembacaan doa. Dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Qori, Raihan Jamil.

Salah satu Hakim Tinggi PTA Pontianak, Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. menjadi penceramah dalam uraian hikmah Halal Bihalal ini dan menyampaikan khazanah tentang kejayaan umat islam di bidang ilmu pengetahuan.

Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. membuka acara sekaligus menyampaikan informasi tentang kedatangan Dirjen Badilag di Kota Pontianak. “Pada tanggal 2-3 Mei 2024, setelah acara Rakor dan DDTK ini, kita akan melanjutkan acara Bimtek Kepaniteraan di Orchardz Hotel Ayani dan insyaAllah akan dihadiri oleh Dirjen Badilag yang sekaligus memberikan pembinaan,” ujar Ketua PTA Pontianak.

Pada pukul 13.00 WIB setelah break dan ishoma, Wakil Ketua PTA Pontianak menyampaikan pembinaan dengan materi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Beliau juga menyampaikan dan memaparkan Program Prioritas Ditjen Badilag Tahun 2024, mulai dari Penguatan Integritas, Peningkatan Kualitas Layanan Peradilan, Penguatan Kelembagaan, Penguatan Kepemimpinan dan SDM, serta Penguatan Teknologi Informasi.

“Saya harapkan Pengadilan Agama di Kalbar ada yang mampu menerapkan SMAP. Serta menegakkan integritas di atas segalanya. Tahun lalu kita mampu meraih WBK secara 100% dari 3 satuan kerja yang diusulkan, semoga tahun ini mampu mengulang kesuksesan sebelumnya,” Harap Drs. HM. Arsyad M. S.H., M.H.

Setelah Wakil Ketua menyampaikan pembinaan, dilanjutkan oleh Ketua yang memberikan pembinaan tentang catatan dari Rakor Badilag pada minggu lalu. “Dalam Rakor Badilag yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 23-25 April 2024, Dirjen Badilag meminta agar kita selalu memperhatikan bobot perkara seperti kriteria waktu putus perkara, Waktu minutasi berkas perkara, waktu upload publikasi putusan, dengan tujuan meningkatkan kualitas putusan dan tidak menyalahi hukum acara,” pesan Bu Rokhanah.

(Timred PTA PTK)

×
Skip to content