• Komisi Informasi Lakukan Visitasi Layanan Informasi PTA Pontianak

    Komisi Informasi Lakukan Visitasi Layanan Informasi PTA Pontianak

  • Hadapi Lomba, Pengelola Website PTA Pontianak Lakukan Monitoring dan Evaluasi

    Hadapi Lomba, Pengelola Website PTA Pontianak Lakukan Monitoring dan Evaluasi

  • Berita Yang Ditulis Eet Mulyati, Terpilih Menjadi Yang Terbaik

    Berita Yang Ditulis Eet Mulyati, Terpilih Menjadi Yang Terbaik

  • Latih Jurnalis, PTA Pontianak Hadirkan Pemred Koran Terkemuka

    Latih Jurnalis, PTA Pontianak Hadirkan Pemred Koran Terkemuka

  • 3 Hal Yang Cukup Menghibur Dr. Drs. H. Insyafli, M.H.I. Selama Bertugas Di Pontianak

    3 Hal Yang Cukup Menghibur Dr. Drs. H. Insyafli, M.H.I. Selama Bertugas Di Pontianak

Fokus Peradilan

 

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id

Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI gencar melakukan sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun  2016, Pontianak menjadi kota berikutnya yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Dengan mendatangkan tiga orang narasumber yang berkompeten, yakni

Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, dan 2 (dua) orang Hakim Agung berlangsung pada tanggal 26-28 Agustus 2018 di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

Acara yang diikuti oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Ketua, Hakim dan Panitera Pengadilan Agama Se Kalimantan Barat dan para praktisi perbankan syariah serta praktisi hukum tersebut dibuka langsung oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Amran Suadi, SH.,MH.,MM.

Menurut Dr. H. Amran Suadi, SH.,MH.,MM. Ekonomi Syariah merupakan salah satu kewenangan absolut yang dimiliki oleh peradilan agama selain dua kewenangan lain, yakni perkara perceraian dan perkara jinayat di Mahkamah Syariah Aceh. Ditjen Badilag sejauh ini sudah melakukan penguatan dalam hal perkara ekonomi syariah ini, diantaranya dari sisi regulasi dengan telah diterbitkannya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun  2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah dan mensosialisasikan ke seluruh wilayah Pengadilan Tinggi Agama dengan melibatkan praktisi perbankan dan praktisi hukum.

Selain itu penguatan juga dilakukan dalam hal kompetensi SDM dengan melakukan sertifikasi ekonomi syariah terhadap hakim-hakim, bimtek dan mengirim hakim untuk belajar ke luar negeri dengan jalur beasiswa. Terakhir adalah penyiapan sarana dan prasarananya terkait mendukung proses administrasi penyelesaian perkara berbasis teknologi informasi.

Seusai dibuka oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. H. Purwosusilo, SH, MH tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah dan Dr. H. Edi Riadi, MH tentang Eksekusi Jaminan Fidusia dan Hak Tanggungan. (Roni)

LAPORAN TAHUNAN TAHUN 2017

PENGADILAN TINGGI AGAMA PONTIANAK

RENCANA STRATEGIS TAHUN 2015-2019 REV. 5

PENGADILAN TINGGI AGAMA PONTIANAK