Bimtek Pemanfaatan PIONIRS Bagi Operator Mitra Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pontianak, Kamis (14/09/2023)

Tampak baris depan sebelah kanan Panmud Hukum dan Kasubag PTIP PA Pontianak saat mengikuti Bimtek

Panitera Muda Hukum, Mukhsinah, S.Ag., bersama Kasubbag PTIP, Novi Gunawan, S.Kom., menghadiri undangan Bimtek Pemanfaatan PIONIRS Bagi Operator Mitra Pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Kamis (14/09/2023).

PIONIRS merupakan akronim dari “Pelayanan Online dari Rumah Sendiri” yaitu salah satu inovasi layanan dalam bentuk aplikasi berbasis web dari Disdukcapil Kota Pontianak. Dengan PIONIRS, Disdukcapil Kota Pontianak telah bekerja sama dengan instansi-instansi lain seperti Pengadilan Negeri, KUA, Rumah Sakit / Klinik, Kantor Kelurahan serta perangkat daerah untuk berkolaborasi dalam mencapai pelayanan terpadu yang disepakati dengan penandatanganan kerja sama, salah satunya adalah Pengadilan Agama Pontianak.

Tampak saat Narasumber menyampaikan materi tentang tata cara penggunaan Aplikasi PIONIRS

Proses bisnis layanan online PIONIRS untuk Mitra Pelayanan memiliki penjelasan sebagai berikut:

  1. Setiap admin Mitra Pelayanan diberikan akun khusus untuk menginput data penduduk ke dalam aplikasi PIONIRS.
  2. Permohonan yang telah diisi kemudian discan dan diupload ke aplikasi.
  3. Dokumen kependudukan yang telah selesai dikirimkan ke alamat email milik Mitra Pelayanan.

Namun layanan PIONIRS tidak mendukung perlindungan data pribadi penduduk, yaitu:

  1. Tidak ada Non-Disclosure Agreement yang dibuat antara Dinas Dukcapil Kota Pontianak dengan Mitra Pelayanan yang dapat menyebabkan kebocoran data pribadi. Hal ini menyebabkan tidak adanya keterikatan perjanjian kerahasiaan data yang merugikan penduduk sebagai Subjek Data Pribadi dan Disdukcapil sebagai Pengendali Data Pribadi.
  2. Penduduk tidak mendapatkan haknya sebagai Subjek Data Pribadi yang berhak mendapatkan penjelasan data pribadi yang diproses oleh Pengendali Data Pribadi untuk kemudian melakukan persetujuan data agar tersebut diproses.
  3. Kemudian kedepanya dengan adanya kerjasama antara Disdukcapil Kota Pontianak tersebut, Pengadilan Agama Pontianak akan dapat memberikan inovasi pelayanan kepada pihak berperkara yang telah selesai berperkara maka pada saat mengambil Akte Cerai dapat langsung menerima perubahan Kartu Keluarga sehingga masyarakat yang telah bercerai tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil untuk mengurus perubahan Kartu Keluarga.
×
Skip to content