Tindaklanjuti Permintaan Hasil Survey, Bagian Perencanaan Hadirkan Rapat Koordinasi Perencanaan & Kepegawaian

Selasa (7/2/2023), dilaksanakan Rapat Koordinasi Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat. Hadir dalam acara tersebut Hakim Tinggi, Plt. Sekretaris, Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, Kasubbag. Rencana Program dan Anggaran, Tim Penyusun LKjIP dan Tim Reviu LKjIP PTA Pontianak, serta Panitera, Sekretaris, Kasubbag PTIP, Kasubbag Keuangan, PPK, dan Tim Penyusunan Dokumen SAKIP Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat.

Rapat Koordinasi tersebut dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama adalah sosialisasi pedoman pelaksanaan SAKIP dan bimbingan teknis penyusunan dokumen SAKIP tahun 2023 dengan narasumber Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI. Pada kegiatan ini dijabarkan dasar hukum dan metode dalam penyusunan dokumen SAKIP, mulai dari dokumen perencanaan yang terdiri dari Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kinerja (PK), Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dan Rencana Aksi (Renaksi), serta dokumen pelaporan yaitu Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP).

Sesi kedua membahas tentang tata cara revisi anggaran dan tips penyesuaian rencana halaman III DIPA dengan narasumber Aulia Ines Paramita dari DJPB Kanwil Provinsi Kalimantan Barat. Pada kegiatan ini dibahas mengenai tata cara pengajuan revisi anggaran dan juga tanya jawab terkait kendala dalam revisi anggaran.

Sedangkan sesi ketiga adalah Monitoring dan Evaluasi Subbagian Perencanaan yang dipandu oleh Kepala Subbagian Rencana Program dan Anggaran Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Roni Kurniawan, S.Kom. Pada kegiatan ini, dilaksanakan evaluasi atas capaian kinerja Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat pada tahun 2022. Hasil dari evaluasi tersebut antara lain adalah pemberlakuan target tahun 2023 pada seluruh Pengadilan Agama se-Kalimantan Barat berupa target deviasi halaman III DIPA minimal 97, nilai revisi DIPA 100, nilai capaian kinerja SAKIP harus meningkat dari tahun sebelumnya, serta diharapkan nilai evaluasi SAKIP 80-90 dengan predikat A. Selain itu, dilakukan juga penyamaan persepsi terkait indikator kinerja Pengadilan Agama sehingga diharapkan perhitungan capaian kinerja dapat dilakukan lebih tepat.

Rapat Koordinasi Bagian Perencanaan dan Kepegawaian dilaksanakan dalam rangka peningkatan kinerja pada Subbagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan. Sehingga kedepannya Pengadilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dapat meraih nilai dan prestasi yang lebih baik

×
Skip to content