Meningkatnya Ancaman Pemalsuan Akta Cerai, Pengadilan Agama Pontianak Gandeng Disduk Capil Gunakan Aplikasi Valkot untuk Menjamin Keaslian

Pontianak, 24 Agustus 2023 – Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pelayanan hukum, Panitera Pengadilan Agama Pontianak mengadakan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi Valkot yang memungkinkan verifikasi keaslian Produk Pengadilan. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah Pengecekan Validitas Akta Cerai, Pengecekan Terbitnya Akta Cerai, dan Amar Putusan bagi Masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kantor Urusan Agama.

Dalam acara sosialisasi yang diadakan pada Kamis (24/08), Panitera Pengadilan Agama Pontianak, Ibu Dra.nisa istantri, menjelaskan betapa pentingnya verifikasi keaslian Produk Pengadilan, terutama dalam konteks akta cerai dan amar putusan. “Dengan adanya aplikasi ini, kami berharap dapat memastikan bahwa Produk Pengadilan yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Kantor Urusan Agama adalah Asli dan sah,” ungkap Ibu Dra.nisa istantri
Proses verifikasi keaslian dokumen dilakukan dengan membandingkan data di dalam dokumen dengan database internal Pengadilan Agama Pontianak. Hal ini akan membantu mencegah pemalsuan dokumen dan memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada pihak-pihak terkait adalah akurat dan sah.

Ibu Dwi Suyanti,Kabid pencatatan sipil Kota Pontianak, mengapresiasi langkah inovatif yang diambil oleh Pengadilan Agama Pontianak. “Penggunaan aplikasi ini akan sangat membantu kami dalam memverifikasi informasi mengenai status pernikahan dan putusan pengadilan terkait,” ujar Ibu Dwi Suyanti “Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pengadilan Agama Pontianak dalam implementasi dan penggunaan aplikasi ini.”

Sementara itu, Bapak yopie indra pribadi kabid pengelola Informasi administrasi kependudukan dan pemanfaatan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pontianak mengungkapkan harapannya bahwa kolaborasi antara instansi pemerintah dan lembaga peradilan ini akan semakin memperkuat sistem hukum di wilayah Pontianak. “Dengan saling mendukung dan berbagi informasi, kita dapat menjaga keadilan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”.

Diharapkan bahwa implementasi aplikasi validasi keaslian produk pengadilan ini akan berjalan lancar dan memberikan dampak positif dalam rangka menjaga integritas dokumen-dokumen hukum di Pontianak. Langkah inovatif ini juga dapat menjadi contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pelayanan.(trx)

×
Skip to content