“Semangat Kolaboratif Dalam Satu Orkestra Gerak Langkah”, Harapan dari Peringatan HSP ke-95 Tahun 2023

Bengkayang, Kalbar | www.pa-bengkayang.go.id

(Sabtu, 28 Oktober 2023). Adalah Ikrar berejaan Van Ophuysen di atas yang pagi ini disuarakan, digelorakan, dilantangkan oleh M. Yusuf, pemuda asal Sultan Hasanuddin dilahirkan, Makassar Sulawesi Selatan. Ikrar hasil kongres pimpinan Soegondo Djojopoespito di Batavia (Jakarta) tanggal 27-28 Oktober 1928 tersebut, dibacakan poetra Sulawesi dimaksudkan untuk meneguhkan spirit dan semangat membara barisan muda para Hakim dan ASN yang saat ini berkhidmat di Pengadilan Agama Bengkayang. M. Yusuf, pemuda 27 tahun diberikan amanah memunculkan kembali kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui ikrar Sumpah Pemuda yang ia bacakan pagi ini.

Bersama dengan Agus Heryadi pemuda 23 tahun poetra melayu Bengkayang, Kadiyanto pemuda 30 tahun poetra sunda Indramayu, Ulfa Qomariyah pemudi 28 tahun poetri melayu Mempawah, Firman Wahyu Ilhami pemuda 26 tahun poetra melayu Mempawah, dan Muhammad Nur poetra melayu Pontianak, M. Yusuf ditugasi memotori jalannya peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2023 kali ini.

Sengaja dipilih para pemuda-pemudi di atas dengan maksud tujuan untuk mengingatkan bahwasannya sebagai pemuda, mereka semuapun perlu juga ambil bagian untuk mempunyai visi kedepan dan cita-cita untuk memproyeksikan 10, 20, bahkan 30 tahun ke depan untuk Indonesia. Sebagai pemuda mereka pun perlu pula memiliki peran strategis di tengah-tengah masyarakat dalam menyongsong masa depan Indonesia.

Ya, pagi ini seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengkayang sebagaimana tahun-tahun sebelumnya berkesempatan kembali menggelar upacara peringatan HSP. Dipimpin langsung oleh Ketuanya, Sobari, S.H.I., seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengkayang dengan rela dan ikhlas meluangkan sebagian waktu akhir pekannya untuk merayakan peringatan HSP, sebuah peringatan yang dimaksudkan untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan.

hsp 1

Dilansir dari laman website https://kemenpora.go.id/pengumuman/58/materi-publikasi-hari-sumpah-pemuda-2023 in casu Buku Panduan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 disebutkan bahwa, sengaja peringatan HSP ke 95 Tahun 2023 kali ini dipilih tema BERSAMA MAJUKAN INDONESIA sebab dengan perantara tema tersebut diharapkan dapat kemudian membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia, dan memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah.

Mengingat pentingnya ‘output kerja nyata secara kolektif dan kolaboratif dengan orkestra yang padu dan harmoni’ melalui gelaran peringatan HSP kali ini, karenanya Sobari, S.H.I. selaku pimpinan tertinggi di Pengadilan Agama Bengkayang tetap memerintahkan ASN yang tidak bisa bersama-sama menggelar upacara peringatan di Kantor Pengadilan Agama Bengkayang, agar tetap mengikuti upacara peringatan HSP ke-95 di Satker terdekat dimana ia berada.

Semoga peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 kali ini tidak berhenti hanya sebatas pada peringatan semata. Akan tetapi kemudian dapat memberikan makna yang lebih dalam akan arti penting sebuah momentum sejarah pemuda, yakni bahwa bangsa ini perlu merekonstruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam perjalanan sejarah Sumpah Pemuda.

Dan sebagai bagian dari proses sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka jiwa dan semangat sumpah pemuda perlu diaktualisasikan agar tetap relevan dan terpatri dalam sanubari, di tengah perubahan zaman yang semakin cepat dan dinamis ini. Semoga (Timred-PA.Bky)ز

hsp 2

×
Skip to content