Dukung Peradilan Agama Yang Modern dan Birokrasi Berkelas Dunia, PTA Pontianak Kenalkan Aplikasi Andalan dan Dilaunching Langsung Oleh Dirjen Badilag

(03/05/2024) – Saat ini PTA Pontianak memiliki aplikasi andalan dan merupakan terobosan di bidang teknologi informasi. Aplikasi ini tentu saja bertujuan untuk memangkas proses bisnis, dengan biaya ringan bahkan gratis, agar bisa dijangkau dari mana saja dan kapan saja.

Nah, pada kesempatan ini, Dirjen Badilag melaunching aplikasi andalan PTA Pontianak di Hotel Orchardz Jalan Perdana, Pontianak, pada Jumat (03/05). Aplikasi tersebut antara lain Akcaya, Valkot, TNDE, Simawas dan Simonsida. Ditemani oleh Ketua dan Wakil Ketua PTA Pontianak, beliau secara resmi meletakkan tangan di tablet dalam momen launching tersebut, serta menyaksikan video perihal aplikasi tersebut.

Ketua PTA Pontianak menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen Badilag yang telah menyempatkan diri untuk melaunching aplikasi milik PTA Pontianak. Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. pun memberikan penjelasan singkat perihal kelima aplikasi tersebut di hadapan Dirjen Badilag dan peserta Bimtek secara luring maupun daring via saluran youtube PTA Pontianak.

Perihal aplikasi yang sudah dilaunching, Dirjen Badilag memberikan apresiasi kepada PTA Pontianak atas terobosannya untuk memajukan dunia pengadilan di bidang teknologi informasi. “Saat ini kita dituntut untuk menjadikan peradilan yang modern dan menuju peradilan dengan birokrasi berkelas dunia. Salah satu caranya ialah terobosan di bidang teknologi dan PTA Pontianak mampu membuat terobosan tersebut”, puji Drs. H. Muchlis, S.H., M.H.

Sekilas tentang aplikasi andalan milik PTA Pontianak ialah:

  1. Akcaya merupakan aplikasi berbasis android, yang memuat beragam fitur seperti e-court, informasi perkara, jadwal sidang, direktori putusan, dan banyak lagi fitur lainnya.
  2. Valkot ialah validasi keotentikan produk pengadilan. Sebuah aplikasi berbasis web browser. Valkot berfungsi sebagai media untuk mengecek telah terbit atau belumnya Akta Cerai, Validasi keaslian Akta Cerai, dan Cek Salinan Putusan/Penetapan.
  3. TNDE atau Tata Naskah Dinas Elektronik merupakan sebuah aplikasi administrasi persuratan yang berbasis web dan meminimalisir kerja pegawai dalam mengelola dokumen surat masuk, surat keluar, pembuatan surat, dokumen arsip, disposisi dan verifikasi surat internal milik PTA Pontianak, yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja via smartphone ataupun tablet, laptop dan komputer.
  4. Simawas adalah Sistem Informasi Manajemen Pengawasan. Sebuah aplikasi berbasis web dan multiplatform untuk menginput hasil temuan pengawasan bidang, baik dari Hatibinwasda maupun Hawasbid.
  5. Simonsida ialah Sistem Monitoring Kearsipan Secara Daring. Sebuah inovasi di bagian kepaniteraan yang memangkas proses jarak dan waktu untuk mengecek kelengkapan arsip perkara di satuan kerja wilayah PTA Pontianak.
×
Skip to content