Bersatu Bangun Bangsa Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Bersatu MemBangun Bangsa
Pengadilan Tinggi Agama Pontianak
Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94


Bertempat di halaman Pengadilan Tinggi Agama Pontianak seluruh Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Pontianak menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022. Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini tanggal 28 Oktober 2022 dilaksanakan segenap aparatur Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dengan keberagaman penggunaan pakaian adat. Dengan mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” upacara dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Pelaksanaan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda memiliki makna untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu. Dengan Sumpah Pemuda, perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat yang. Sumpah Setia ini dituangkan ke dalam Naskah Teks Keputusan Pemuda Indonesia 1928 sebagai hasil dari Kongres Pemuda II, yang kemudian dibacakan oleh Bapak Hardiyanto, S. Kom, yang berbunyi :

Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua     : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga     : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Adapun selaku Pembina upacara Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Bapak Drs. H. M. Nahiruddin, S.H., M.H. yang yang pada bagian amanatnya mengatakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. (by_desi iskandar).

“Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
Skip to content