PTSP, Wajah Baru Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB

(24/02/2023) “Jangan anti dengan perubahan”, begitulah isi imbauan Pembina apel jum’at sore yang diucapkan oleh Yopie Azbandi Aziz, S. Ag., M.H. di hari pertamanya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB. Perubahan tersebut dimulai dengan menanamkan nilai-nilai 3M yakni “Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal kecil, Mulai dari sekarang”. Nilai 3M itulah yang menjadi pedoman pegawai Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Berbagai perubahan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB yakni mengadakan briefing setiap pagi di hari kerja dan yang paling mencolok adalah perubahan pada ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Perubahan tersebut dilakukan dengan merenovasi ruang pelayanan terpadu satu pintu menjadi lebih luas agar bisa banyak menampung masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Kegiatan renovasi tersebut dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan. Dimulai dengan tahap perencanaan dan meminta persetujuan dari Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan tahap eksekusi untuk direnovasi.

Tentu, penantian itu bukan hal yang sia-sia. Pada Jum’at 24 Februari 2023 ruang pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB diresmikan secara seremonial pengguntingan pita oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dan Wakil Bupati Kabupaten Mempawah.

Potong Pita A 1Foto: Wakil Ketua PTA Pontianak dan Wabup Mempawah memotong pita peresmian PTSP

Dalam peresmian tersebut Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak dan Wakil Bupati Kabupaten Mempawah berkesempatan untuk melihat kelengkapan sarana dan prasarana ruang pelayanan terpadu satu pintu untuk pelayanan terhadap masyarakat. Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak berharap agar dengan adanya renovasi ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Tentu, bukan perihal yang mudah untuk melakukan perubahan pada ruang pelayanan terpadu satu pintu, ketika direnovasi maka untuk sementara pelayanan kepada masyarakat dilakukan di ruang lobby utama Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB sembari menunggu renovasi selesai.

Renovasi ini berjalan dalam kurun waktu dua bulan dan sudah bisa digunakan oleh petugas PTSP untuk melayani masyarakat. Kini ruang pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB memiliki ruang pelayanan yang lebih luas dan lebih representatif dengan menghadirkan beberapa counter layanan tambahan untuk melengkapi kebutuhan pelayanan.

Potong Pita C 1Foto: Ketua bersama Wabup, Sekda, dan Waka PTA

Counter layanan tambahan tersebut adalah adanya counter layanan bank dari Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk melakukan pembayaran panjar biaya perkara dan menghadirkan counter layanan Pos Indonesia Cabang Mempawah untuk melakukan layanan leges dan pengiriman akta cerai bagi pihak yang memohonkan.

Dengan adanya counter BSI di Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB masyarakat yang mendaftarkan perkara tidak perlu lagi keluar kantor menuju bank untuk melakukan pembayaran. Begitu juga dengan hadirnya Pos Indonesia Cabang Mempawah, masyarakat tidak perlu lagi keluar kantor Pengadilan Agama menuju kantor Pos untuk leges alat bukti.

Dengan pembaharuan ruang pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan Agama Mempawah Kelas IB tentu membawa manfaat bagi masyarakat, selain kenyamanan, juga bisa mengefisienkan biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.

(TimRed PA Mpw)

×
Skip to content