Demi Tingkatkan Profesionalisme Kepaniteraan, KPTA Pontianak Membuka Bimtek Kepaniteraan Tahun 2023

Mahkamah Agung terus berupaya meningkatkan pelayanan peradilan kepada para pencari keadilan. Di antaranya dengan melakukan peningkatan profesionalisme pegawai kepaniteraan dalam pelaksanaan putusan pengadilan. Pengadilan Tinggi Agama Pontianak sebagai garda terdepan pelayanan peradilan agama di Provinsi Kalimantan Barat terus mendukung peningkatan yang dicanangkan oleh Mahkamah Agung tersebut.

Salah satunya dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kepaniteraan Peradilan Agama Sewilayah PTA Pontianak, pada Rabu hingga Jumat, 1 Maret 2023 sampai dengan 3 Maret 2023 di Ruang Aula PTA Pontianak. Dengan mengusung tema Peningkatan Profesionalisme Kepaniteraan dalam Pelaksanaan Putusan Pengadilan, acara dibuka langsung oleh Ketua PTA Pontianak Dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, S.H., M.H. dengan didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Plt. Sekretaris PTA Pontianak.

Bimtek ini dihadiri oleh 51 peserta yang terdiri dari Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Staf Kepaniteraan PTA Pontianak kemudian juga Panitera, Panitera Muda dan Jurusita tiap satuan kerja Pengadilan Agama seluruh wilayah Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

Pada seremonial pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Himne MA yang kemudian diikuti dengan Pengucapan 8 Nilai Utama MA kemudian dilanjutkan dengan yang pembacaan doa dipimpin oleh Panitera PA Mempawah Muhammadiyah, S.Ag. Lebih lanjut, Ketua Panitia Muhammad Syafei, S.Ag. menyampaikan laporan kegiatan terkait pelaksanaan teknis bimtek kepaniteraan ini.

Dalam laporan tersebut, ia menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka pemenuhan hak Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam peningkatan pengetahuan ASN terkait administrasi kepaniteraan di lingkup eksekusi dan lelang. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat sebagai wadah untuk mencari pemecahan masalah yang terjadi di satuan kerja dan penetapan solusi melalui metode bimbingan teknis yang dilaksanakan melalui penyampaian ceramah dan diskusi oleh narasumber.

Ketua PTA Pontianak menyampaikan dalam sambutannya mengenai pentingnya bagi satuan kerja untuk terus meningkatkan kinerja SIPP sehingga dapat mencapai ranking yang memuaskan. Beliau berharap pelaksanaan bimbingan teknis ini dapat diikuti seluruh peserta dengan baik hingga mampu menambah kompetensi pegawai dalam memberikan layanan prima kepada para pencari keadilan.

Acara pembukaan bimtek kepaniteraan diakhiri dengan penyematan name tag peserta oleh Ketua, dengan didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Plt. Sekretaris PTA Pontianak yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. (sultan)

×
Skip to content