Bangga! Berikan Pembinaan, Ketua PTA Pontianak Kunjungi PA Bengkayang

WhatsApp Image 2023 10 17 at 12.16.16

KPTA Pontianak, Dr. Hj Rokhanah, S.H., M.H. (tengah) tampak sedang menyampaikan pembinaannya

Bengkayang, Kalbar | www.pa-bengkayang.go.id

(Rabu, 19/10/2023). Sungguh suatu kehormatan manakala anak buah dipantau oleh pimpinannya. Apalagi pemantauan langsung tersebut dilakukan oleh pimpinan tertinggi di wilayah hukumnya. Sungguh suatu kebahagian bilamana seorang anak kemudian dikunjungi langsung oleh orang tuanya. Ibarat seorang santri yang sudah sekian purnama sibuk belajar lalu tetiba orang tuanya hadir menjenguknya. Sungguh merupakan kegembiraan yang tidak seperti biasanya.

Sungguh selama ini, kawan-kawan Pengadilan Agama Bengkayang selalu dan selalu memberikan yang terbaik untuk melayani masyarakat Bumi Sebalo. Sungguh selama ini betapapun tanpa pengawasan langsung dari pucuk pimpinan di tingkat banding, semua Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengkayang selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada para pencari keadilan.

Akan tetapi ibarat vitamin penambah energi, dengan kedatangan Srikandi Pimpinan Pengadilan Agama Tingkat Banding di Wilayah Hukum Kalimantan Barat tersebut, seakan membuat semakin bersemangatnya para pejuang pelayanan prima yang sedang berkhidmat di Pengadilan Agama Bengkayang.

Ya pada Selasa siang tanggal 17 Oktober 2023 kemarin, Pengadilan Agama Bengkayang kedatangan tamu kehormatan. Adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak yang kali ini berkesempatan mengunjungi Pengadilan Agama Bengkayang. Kedatangan Pimpinan Pengadilan Tinggi asal Semarang Jawa Tengah tersebut bukannya tidak sengaja. Kedatangan Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. tersebut merupakan bagian dari rangkaian pengawasan Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Bengakayang yang memang sudah berlangsung selama 7 (tujuh) minggu terakhir ini. Kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado Sulawesi Utara tersebut juga dalam rangka mengikuti prosesi Groundbreaking Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Bengakayang yang dilaksanakan di hari sama di pagi harinya.

Datang dengan mengendarai Mobil Dinas Mercy berplat KB 7 A, usai memasuki pintu utama Pengadilan Agama Bengkayang, Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. langsung berkeliling memeriksa Ruang PTSP, Ruang Sidang, Ruang Tunggu Sidang, Ruang Kepaniteraan, Ruang Kesekretariatan dan seterusnya. Seakan ingin memastikan kesempurnaannya, seakan ingin mendisiplinkan perawatan dan kebersihannya, Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. menyempatkan memeriksa sudut-sudut yang biasa lepas dari perhatian kebanyakan orang.

WhatsApp Image 2023 10 17 at 11.22.48 WhatsApp Image 2023 10 17 at 11.22.51

Dan usai sejenak bercengkerama dengan Pimpinan dan Hakim, Dr Hj. Rokhanah, S.H., M.H. kemudian beranjak dari Ruang Ketua Pengadilan Agama Bengkayang untuk menuju ke Ruang Sidang satu-satunya milik Kantor Sementara Pengadilan Agama Bengkayang. Di Ruang yang juga disetting untuk pertemuan skala besar dan untuk Ruang Media Center tersebur, Dr Hj. Rokhanah, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak dijadwalkan untuk melaksanakan pembinaan kepada seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengakayang.

Dalam kesempatan hampir selama satu setengah jam, Ketua PTA jebolan Program Doktoral Universitas Jayabaya tersebut. melakukan pembinaan khususnya terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK & WBBM). Dengan dibantu slide apik PPT-nya, Dr Hj. Rokhanah, S.H., M.H. menyampaikan strategi-strategi untuk memperoleh predikat WBK & WBBM.

“Mari kita biasakan dalam setiap kegiatan, selalu kita barengi pula dengan adanya UNDP. Ada yang tahu singkatan dari apa UNDP itu? … Ya betul, UNDP adalah akronim dari Undangan Notulensi Daftar hadir dan Photo kegiatan. Mulailah dari kebiasaan tersebut, sehingga tidak perlu kemudian saat menghadapi bulan-bulan atau mendekati proses pembangunan ZI lalu kita berlembur-lembur untuk mengerjaknnya”, tegas Ketua PTA yang pernah menjabat sebagai WKPTA Bengkulu, Lampung dan Semarang tersebut berpesan.

“Sebab sebagaimana APM kita dahulu, ZI itupun konsep administrasinya adalah ‘kerjakan apa yang kau tulis dan tulislah apa yang kau kerjakan!’. Tentu yang tidak kalah dari itu semuanya adalah adanya perubahan mindset dan culturset kita dalam bekerja, dalam melayani”, lanjut Hakim yang menjabat Ketua PTA Pontianak sejak 29 Mei 2023 tersebut menegasikan konsekuensi melakukan Pembangunan ZI menuju WBK & WBBM.

Dalam pembinaan yang digelar pada jam-jam rawan tersebut, yakni jamnya istirahat dan makan siang, Dr Hj. Rokhanah, S.H., M.H. tidak kehilangan akal. Srikandi Pengadilan yang mengaku telah sekira 30 tahun malang melintang di Nusantara tersebut, menyempatkan dua tiga video yang merepresentasikan mindset dan culturset dalam Pembangunan ZI menuju WBK & WBBM.

Sesungguhnya video-video pembelajaran yang kala itu diputarkan sudah pernah diperlihatkan dan/atau dilihat di waktu dan lain kesempatan. Akan tetapi karena cerita video yang dipelrihatkan memang sedikit mengandung sedikit humor, maka yang demikian kemudian memecak suasan kantuk siang itu.

Berita terkait:

  1. https://www.pa-bengkayang.go.id/id/berita/arsip-berita/743-supprise-wakil-ketua-pta-pontianak-sambangi-pengadilan-agama-bengkayang.
  2. https://www.pa-bengkayang.go.id/id/berita/arsip-berita/746-berikan-pembinaan-wakil-ketua-pta-pontianak-ingatkan-ini.
  3. https://www.pa-bengkayang.go.id/id/berita/arsip-berita/827-kompak-kpta-pontianak-bupati-bengkayang-komandoi-peletakan-batu-pertama-pembangunan-gedung-pa-bengkayang.

Dan akhirnya setelah dirasa tuntas menyampaikan apa yang menjadi kewajibannya sebagai pucuk Pimpinan tertinggi di wilayah hukum PTA Kalimantan Barat, tepat saat jarum jam mengarah ke pukul 13.30 wib kegiatan pengawasan dan pembinaan oleh Ketua PTA Pontianak pun berakhir. Semoga kehadiran, pesan-pesan semangat, dan pembinaan yang diberikan Dr Hj. Rokhanah, S.H., M.H. selaku Ketua PTA Pontianak tersebut selalu terngiang, selalu bersuara dalam hati, sehingga seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengkayang selalu dan selalu komitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat pencari keadilan. Semoga (Timred-PA.Bky)

×
Skip to content