TANPA HAMBATAN! EKSEKUSI PENGADILAN AGAMA NANGA PINOH TERLAKSANA DENGAN AMAN, TERTIB, DAN LANCAR

eksekusi

 Jum’at 20 Oktober 2023. Pengadilan Agama Nanga Pinoh melaksanakan Eksekusi atas perkara sengketa Harta Bersama berdasarkan Putusan Pengadilan Agama Nanga Pinoh Nomor 31/Pdt.G/2021/PA.Ngp, tanggal 07 Juni 2021, jo. Putusan Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Nomor 13/Pdt.G/2021/PTA.Ptk, tanggal 12 Agustus 2021, jo. Putusan Mahkamah Agung RI. Nomor 89 K/Ag/2022, tanggal 7 Maret 2022. Eksekusi dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari permohonan eksekusi yang diajukan oleh Pemohon Eksekusi (Penggugat) yang sebelumnya telah dilaksanakan sidang aanmaning (teguran) dengan memanggil semua pihak berperkara (Pemohon Eksekusi/Penggugat dan Termohon Eksekusi/Tergugat) sebagai upaya agar putusan dapat dilaksanakan secara sukarela. Dalam sidang aanmaning tersebut para pihak sepakat untuk melaksanakan putusan secara sukarela, namun setelah 8 (delapan) hari waktu yang diberikan untuk melaksanakan putusan secara sukarela, Penggugat melaporkan putusan tersebut belum dilaksanakan oleh Tergugat secara sukarela, sehingga Ketua Pengadilan Agama Nanga Pinoh menerbitkan Penetapan Eksekusi Nomor 1/Pdt.Eks/2023/PA.Ngp.

eksekusi2       

Eksekusi ini dilakukan dalam 2 (dua) tahap. Tahap I dilaksanakan pada tanggal 17 Okober 2023 di Bank BRI Kantor Cabang Melawi terhadap objek sengketa berupa Uang Tabungan (Deposito). Pelaksanaan eksekusi ini dipimpin oleh Ketua (Muammar H.A.T., S.H.I., M.H. beserta Panitera (Mariadi, S.H.I.) dan Aparatur Pengadilan Agama Nanga Pinoh, dan dihadiri oleh Pemohon, Termohon yang didampingi Kuasa Hukum, serta dihadiri oleh PGS Pemimpin Bank BRI Kantor Cabang Melawi (Dessy Sunandar).

eksekusi3 Tahap II dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2023 di Desa Batu Begigi, Kecamatan Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi terhadap objek sengketa berupa Ruko (Rumah Toko), dan di Desa Suka Maju, Kecamatan Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi terhadap objek sengketa berupa Tanah, Sawah, Motor, Perabot Rumah Tangga, dan Sapi. Eksekusi ini dipimpin oleh Ketua beserta Panitera dan Aparatur Pengadilan Agama Nanga Pinoh, dan dihadiri oleh Kuasa Hukum Pemohon, Termohon yang didampingi Kuasa Hukum, Kepala Desa Batu Begigi, Kepala Desa Suka Maju, dan Anggota Polsek Tanah Pinoh.

eksekusi4 Selain itu, Pengadilan Agama Nanga Pinoh telah meminta bantuan kepada Pengadilan Agama Pontianak untuk melaksanakan eksekusi atas salah satu objek sengketa yang berada di Pontianak berupa Tanah berserta Rumah di Kelurahan Bangka Belitung Darat Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. Eksekusi ini telah dilaksanakan Pengadilan Agama Pontianak pada tanggal 12 Oktober 2023.

Pelaksanaan Eksekusi atas Putusan tersebut selesai, dan terlaksana dengan aman, tertib, dan Lancar.

×
Skip to content