Wakil Ketua PTA Pontianak Pimpin Langsung Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan di PA Bengkayang

Bengkayang (26/06/2024) – Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Pontianak telah melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan di Pengadilan Agama Bengkayang tanggal 24 s.d. 26 Juni 2024. Tim Hatibinwasda ini dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. M. Arsyad M. S.H., M.H., dengan anggota Antin Rukmiyati, S.H., dan Rika Darmika, S.E.

Kegiatan Pengawasan dan Pembinaan ini dimulai dengan pemeriksaan atas tugas dan fungsi pada Bidang Manajemen Peradilan, Bidang Kepaniteraan dan Bidang Kesekretariatan, yang dilaksanakan selama 2 hari. Selesai pemeriksaan, kegiatan langsung dilanjutkan untuk ekspose hasil pengawasan.

Ekspose hasil pengawasan dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Sobari, S.H.I. dan dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. M Arsyad M., S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peran Pengadilan Tinggi Agama sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI dalam melakukan pengawasan.

Adapun ekspose hasil pemeriksaan pada Bidang Kepaniteraan Pengadilan Agama Bengkayang tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada Bidang Kesekretariatan secara umum tata kelola di Pengadilan Agama Bengkayang sudah baik, namun masih dianggap perlu untuk mencetak arsip yang berkaitan sehingga tidak hanya mengandalkan e-office.

Diakhir, Drs. H. M Arsyad M., S.H., M.H. menekankan pentingnya penyesuaian tata naskah dinas sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 131/KMA/SK/VII/2013 tanggal 11 Juli 2023 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas dan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 627/SEK/SK/VII/2023 tentang Klasifikasi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip.

Sebelum menutup acara, WKPTA Pontianak juga memberikan apresiasi kepada PA Bengkayang yang dinilai sebagai Pengadilan Agama Terbaik di Kelasnya untuk sewilayah hukum Kalimantan Barat, atas capaian PA Bengkayang dalam Raport Kinstaker Triwulan I Tahun 2024.

Menutup acara ekspose hasil pemeriksaan, WKPTA Pontianak berpesan kepada seluruh Hakim dan Aparatur PA Bengkayang bahwa pentingnya memandang hukum acara sebagai hukum pasti (exact) atau letter lex, berbeda dengan hukum material yang bisa dielastiskan.

Di sore hari, WKPTA Pontianak mengakhiri acara Pengawasan & Pembinaannya dengan menyerahkan Kontrak Kinerja kepada Ketua PA Bengkayang sebagai simbol komitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan di PA Bengkayang.

Setelah menyelesaikan Ekspose dan Pembinaan di Pengadilan Agama Bengkayang, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, Drs. H. M Arsyad M., S.H., M.H. bersama anggota Tim melanjutkan kegiatan untuk mengunjungi lokasi Pembangunan Gedung baru Pengadilan Agama Bengkayang.

Sesampainya di lokasi, Drs. H. M Arsyad M. Menyampaikan rasa kagumnya terhadap progres Pembangunan Gedung yang diperkirakan akan selesai tahun ini. Beliau juga menyatakan rasa bangga atas kinerja Tim PA Bengkayang dalam mengawal pembangunan gedung baru ini. WKPTA Pontianak meyakini bahwa Pembangunan Gedung ini akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung kinerja Pengadilan.

Kunjungan ke lokasi pembangunan gedung baru Pengadilan Agama Bengkayang ini menjadi penutup kegiatan Pengawasan dan Pembinaan di Pengadilan Agama Bengkayang.

(TimRed PTA PTK/Rmn)

×
Skip to content