Rapat Pembahasan Draft Nota Kesepakatan Bersama antara Pengadilan Agama Singkawang dan Pemerintah Kota Singkawang: Langkah Menuju Percepatan Layanan Hukum

Singkawang, 9 Juli 2024 – Dalam upaya mewujudkan keadilan dan mempercepat layanan hukum kepada masyarakat, Pengadilan Agama Singkawang menggelar rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Singkawang. Acara ini dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kota Singkawang dan dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Singkawang, Drs. Yulianus Anus, MT.

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk utusan dari Inspektorat Kota Singkawang, Bagian Hukum dan HAM Kota Singkawang, BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia), Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial. Dari Pengadilan Agama Singkawang, hadir Wakil Ketua Pengadilan Agama Singkawang, Suraida, S.H.I., yang didampingi oleh Panitera dan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Singkawang.

Dalam sambutannya, Drs. Yulianus Anus, MT., menekankan pentingnya sinergi antara Pengadilan Agama dan Pemerintah Kota dalam memberikan layanan hukum yang cepat dan tepat kepada masyarakat. “Dengan adanya nota kesepakatan ini, kami berharap dapat mempercepat proses pelayanan hukum sehingga masyarakat dapat merasakan keadilan yang sesungguhnya,” ujarnya.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Singkawang, Suraida, S.H.I., juga menyampaikan pandangannya tentang pentingnya kerjasama ini. Menurutnya, kolaborasi antara berbagai instansi pemerintah akan memperkuat sistem hukum dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Kota Singkawang.

Diskusi dalam rapat berjalan dengan konstruktif, membahas berbagai aspek teknis dan administratif yang perlu diperhatikan dalam implementasi kesepakatan tersebut. Semua pihak yang hadir memberikan masukan berharga untuk menyempurnakan draft nota kesepakatan.

Rapat ini merupakan langkah awal yang penting dalam mempercepat layanan hukum di Kota Singkawang. Diharapkan, dengan adanya kesepakatan ini, masyarakat akan mendapatkan akses yang lebih mudah dan cepat terhadap layanan hukum, sehingga tercipta keadilan yang merata.

Dengan berakhirnya rapat ini, semua pihak berkomitmen untuk terus bekerja sama dan menyelesaikan detail kesepakatan dalam waktu dekat. Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya mempercepat layanan hukum kepada masyarakat.

×
Skip to content